Manfaat Ikan Gembung untuk Anak di Masa Pertumbuhan

0
18

Sudah banyak yang membuktikan bahwa makan ikan kembung sedikitnya dua kali seminggu dapat meningkatkan kecerdasan anak dan juga memperkuat ingatan anak agar makin senang belajar.

Sayangnya, anak anak Indonesia dan apalagi orang tuanya tidak menyadari hal ini dan membiarkan anak mereka begitu saja. Anak indonesia mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk menjadi yang terdepan di Benua ASIA apabila gizi mereka dicukupkan.

Salah satu makanan sehat yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kepintaran anak adalah ikan kembung. Tentu Ibu Ibu harus mencari resep yang tepat untuk mengolah ikan kembung agar anak anak kita mau memakannya.

Apa Itu Ikan Gembung?

Ikan gembung atau ikan kembung adalah ikan yang mempunyai nama ilmiah Chub mackerels dan memang merupakan jenis ikan makarel.

Rasa ikan ini enak dan gurih serta sering dicampur dengan bumbu pedas agar lebih nikmat. Ikan kembung mempunyai kekerabatan yang cukup dekat dengan ikan jenis tengiri, tuna atau tongkol dengan bentuk tubuh yang lebih kecil namun kandungan nutrisi yang sangat kaya.

Advertisement by google

Manfaat Ikan Gembung untuk Anak

Penelitian menunjukkan bahwa ternyata ikan gembung yang sederhaan ini dan termasuk jenis ikan yang sangat mudah ditemukan di perairan Indonesia termasuk jenis ikan yang kandungan omega 3-nya lebih tinggi dari ikan Salmon yang terkenal. Tentunya hal ini sangat baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor yang cukup tinggi serta kalsium dan kalium pada ikan gembung sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tinggi Kandungan Protein

Anak pada masa pertumbuhan tak hanya membutuhkan manfaat kalsium untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang tapi juga manfaat protein agar masa otot mereka tetap terjaga sesuai dengan pertumbuhan mereka.

Advertisement by google

Memiliki Rasa yang Disukai Anak-anak

Jika orangtua mengalami masalah anak sulit makan coba beri ikan gembung yang gurih ketika digoreng atau dibakar serta sangat legit ketika dipindang yang pastinya sangat disukai anak-anak.

Kaya Kandungan Omega 3 dan 6

Kandungan dan manfaat omega 3 pada ikan gembung ternyata lebih tinggi dari ikan salmon sedangkan omega 6 pada ikan gembung membantu meminimalisir seseorang terkena penyakit diabetes sejak dini.

Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Anak-anak pada masa pertumbuhan sangat rentan terhadap penyakit ditambah lagi mereka cenderung sangat aktif, mengkonsumsi ikan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh mereka dengan optimal.

Mengoptimalkan Perkembangan Otak

Omega 3 pada ikan sangat baik dalam mengoptimalkan perkembangan otak anak sehingga anak dapat berpotensi dengan maksimal dalam masa pertumbuhannya.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Tak hanya membuat anak cerdas, omega 3 pada ikan gembung juga membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan cara mengoptimalkan perkembangan sistem sarafnya.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa bilang jantung harus dijaga ketika sudah tua saja? Kesehatan jantung harus dijaga sejak masih kecil dan mengkonsumsi ikan yang mengandung mineral baik seperti fosfor dan manfaat potasium membantu menjaga kesehatan jantung.

Mengandung Zat Anti Inflamasi

Anak-anak sangat rentan terhadap bahaya peradangan dan mengkonsumsi ikan yang mengandung zat anti inflamasi dapat membantu mengatasi masalah ini.

Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Untuk ibu hamil mengkonsumsi ikan gembung saat hamil juga sangat direkomendasikan karena kandungan omega 3-nya sangat baik untuk janin. Itu artinya anak sudah mendapatkan nutrisi yang baik bahkan sejak dari dalam kandungan.

Advertisement by google

Sisi Negatif Ikan Laut

Orang tua perlu perhatian yang lebih tentang efek samping atau sisi negatif ikan laut yah. Dalam hal ini ikan gembung atau ikan kembung. Tentu hal ini tidak akan terjadi ketika Lautan kita bersih dan aman dari limbah, tetapi kenyataannya berbanding terbalik.

Ada banyak penimbunan di lautan kita sehingga menyebabkan banyaknya logam logam berat yang berbahaya bagi manusia. Logam logam tersebut masuk ke dalam tubuh ikan dan hewan hewan laut lainnya seperti plankton. Plankton kemudian dimakan oleh ikan dan akhirnya menumpuk dalam daging ikan.

Ikan Gembung atau ikan kembung pun tidak luput dengan hal ini. Logam yang paling banyak ditemukan (walaupun tetap dalam jumlah kecil) adalah logam merkuri. Tentu Ibu ibu pernah dengarkan tentang logam merkuri.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan beli ikan kembung atau ikan gembung. Lihat tempat jualnya dan siapa yang menjual. Ada baiknya Ibu membeli ikan gembung yang masih segar di pasar.

Ikan gembung termasuk dalam jenis ikan laut dan orangtua harus menyadari apa saja bahaya-bahaya atau sisi negatif dari ikan laut.

Selain adanya risiko logam berat, risiko alergi pun ada. Walaupun risiko alergi ini sangat jarang terjadi pada orang Indonesia. Ketika anda memberikan ikan gembung kepada anak anda di masa kecil, berikan dalam jumlah sedikit. Perhatikan kondisi kulitnya. Ketika ada penambahan ruam yang tidak normal, ada kemungkinan anak anda belum siap untuk makan ikan gembung dalam jumlah banyak.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Advertisement by google